Minggu, 09 Maret 2014

Selamat Tinggal Flappy Bird!


flappy bird
Sebuah fenomena yang unik, siapa yang mengira bahwa game sesederhana Flappy Bird justru berhasil mencapai popularitas yang luar biasa di seluruh dunia. Menggerakkan seekor burung melewati rintangan pipa yang memang butuh perhitungan dan konsentrasi, Flappy Bird berhasil mencuri hati banyak pemilik smartphone berbasis sistem operasi Android dan iOS untuk menjajalnya. Kami sendiri sempat menilainya sebagai sebuah game yang unik, karena tingkat kesulitan dan mekanisme yang tidak memberikan toleransi sedikitpun pada kesalahan. Dengan puluhan juta unduhan, kesuksesan menjadi sesuatu yang pasti. Sang developer – Dong Nguyen sendiri bahkan dilaporkan berhasil mendulang lebih dari Rp 600 juta / hari lewat iklan yang terpampang di gamenya. Namun ketika gelombang kesuksesan menjadi sesuatu yang pasti, Flappy Bird justru terancam mati.
Dengan kesuksesan seperti ini, sebagian besar gamer dan media tentu saja memprediksi masa depan Flappy Bird sebagai franchise baru, yang mungkin akan sepopuler Angry Birds saat ini. Namun yang terjadi justru bertolak belakang. Lewat akun Twitter resminya – sang developer – Dong Nguyen justru hadir dengan pengumuman yang mengejutkan. Ia memutuskan untuk menarik game buatannya – Flappy Bird dari Google Play dan iTunes App Store. Alasannya? Nguyen memang tidak menjelaskan secara detail, namun ia menyatakan bahwa dirinya tidak kuat lagi berhadapan dengan popularitas yang ada. Beberapa memang sempat berspekulasi masalah lisensi karena beberapa elemen Flappy Bird yang memang mirip dengan game Mario , namun Nguyen membantah hal ini.

Setelah berhasil menjadi fenomena baru di industri game, sang developer – Dong Nguyen justru secara resmi menarik Flappy Bird dari App Store. Lewat serangkaian tweet resminya, ia mengungkapkan bahwa langkah ini diambil karena ia sendiri sudah tidak kuat berhadapan dengan ketenaran yang dicapai dalam waktu singkat.
Pengumuman ini tentu saja memancing banyak reaksi di dunia maya. Tidak sedikit gamer yang mendukung keputusan Nguyen ini, karena dianggap cukup ideologis di tengah industri game yang memang terlihat sangat berorientasi pada uang. Ketika dihadapkan pada uang dalam jumlah sangat besar, Nguyen justru lebih memilih untuk hidup tenang dan puas dengan apa yang ia dapatkan sejauh ini. Namun di sisi lain, cukup banyak gamer yang justru bersyukur hal ini terjadi, karena Flappy Bird sendiri dianggap sebagai game yang lahir dari proses “menjiplak” dan bukan dari kreativitas Nguyen sendiri. Apapun alasannya, Flappy Bird akan secara resmi menarik diri dari industri game.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review